WElcome To My Blog

Tata cara penyambungan internet melalui ISP

Tata Cara Penyambungan Internet Melalui Internet Service Provider (ISP)

Setelah perangkat dasar untuk mengakses internet tersedia maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan ke internet service provider (ISP) terlebih dahulu agar mendapatkan software serta akses internet. ISP adalah perusahaan yang menyediakan layanan internet agar kita bisa terhubung ke jaringan komputer penyedia informasi.  Maka dari itu, kita perlu mendaftarkan diri dan berlangganan dengan akses internet ke ISP. Layanan yang diberikan ISP agar terhubung ke internet ada berbagai cara,  antara lain dial-up, digital subcriber line (DSL), internet Cable, satelit, wireless, leaserd line, dan kartu telepon seluler.
  1. Dial-up, merupakan koneksi komputer ke dalam jaringan melalui sebuah modem. Modem digunakan untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog telepon dan sebaliknya.
  2. Digital subcriber line (DSL)memberikan kecepatan akses inter untuk perorangna atau perusahaan.
  3. Internet Cable, akses internet dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut Cable modem, yang menghubungkan komputer dengan TV kabel.
  4. Satelit , akses internet dengan menyewa layanan satelit untuk koneksinya.
  5. Wireless, dikenal juga dengan menyewa layanan wi-fi (wireless fidelity), yaitu hubungan internet menggunakan frekuensi radio yang menggunakan alat yang disebut acces point.
  6. Leased, sama seperti dial-up, yaitu menggunakan koneksi telepon. Leased line digunakan untuk menghubungkan perusahaan yang terpisah secara geografis.
  7. Kartu telepon seluler, koneksi internet menggunakan kartu telepon seluler memanfaatkan teknologi general packet radio service (GPRS). Kartu telepon seluler ada dua jenis yaitu GSM ( global system for mobile communications, dan CDMA (code division multiple access.
  8. 1. Instalasi Koneksi

    Agar dapat terhubung ke internet menggunakan akses dial-up line telepon, perlu adanya setting pada komputer. Cara yang dilakukan pada umumnya hampir sama pada setiap operasi sistem.

    A.Memasang Modem

    Untuk melakukan koneksi ke internet dengan dial-up telepon, komputer harus dikonfigurasi. Konfigurasi software untuk komputer tunggal dengan sistem operasi windows meliputi instalasi driver modem dan dial-up networking

    B. Melakukan Dial-Up

    Setelah melakukan setting pada modem, selanjutnya kita dapat melakukan koneksi ISP tempat kita mendaftarkan diri, sebagai contoh PT telkom menggunakan koneksi ISP telkomnet. ISP tersebut merupakan salah satu ISP yang tidak perlu mengurus pendaftaran karena fasilitas akses internet diberikan kepada setiap pelanggan PT telkom.

    2. Bentuk Koneksi Internet Service Provider (ISP)

    Internet service provider (isp )adalah sebuah perusahaan jasa layanan internet yang menyediakan koneksi internet dan layanan tambahan lainya, seperti TCP, modem dan dedicater connection. Jasa layanan online yang sudah dikenal adalah seperti :
    • -Microsoft network
    • -americans online (AOL)
    Sedangkan jasa layanan yang terkenal di indonesia adalah telkomnet dari PT telkom dan layanan dari PT indosat.
    Berikut berbagai jenis koneksi yang diberikan oleh ISP;
    1. TCP/IP connection: bila semua hardware dan software yang kita miliki ingin terkoneksi atau akses ke internet secara langsung, kita harus menggunakan transmission control protocol (TCP) atau internet protocol (IP).
    2. dial-up: bila kita menggunakan modem untuk dial-up ke ISP agar mendapat koneksi ke internet (login pasword) maka hal itu disebut akses dial-up.
    3. dedicater: bila kita ingin menggunakan akses online ke internet 1×24 jam, kita harus menggunakan koneksi leased line atau bisa juga menggunakan cable connection bila tempat kita dekat dengan ISP yang kita gunakan.
Sumber:https://www.google.com/amp/s/adjengerkixb.wordpress.com/2016/12/01/tata-cara-penyambungan-internet-melalui-isp/amp/

0 comments: