WElcome To My Blog

Kecepatan akses internet

APA SIH KECEPATAN AKSES INTERNET ITU?


Dalam dunia internet terdapat sebuah istilah yang disebut dengan kecepatan akses internet. Adakah yang tahu arti istilah tersebut??? Dan segala hal yang terkait di dalamnya? Semua akan kami kupas tuntas dalam artikel kali ini.
Definisi Kecepatan Akses Internet
Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat menggunakan jaringan internet yang diukur dalam satuan bps (bit per second). Maksudnya adalah banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain pada setiap detiknya. Kecepatan akses internet terbagi menjadi dua macam, yaitu downstream dan upstream.
  • Downstream: kecepatan pada saat mengambil data-data dari server internet ke komputer. Misalnya saja saat browsing, masuk ke search engine, dan lainnya.
  • Upstream: kecepatan transfer data saat mengirimkan data dari komputer ke server.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
Kecepatan akses internet tidak selalu stabil, kadang cepat dan lambat. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan tersebut, yakni:
1Modem 
Faktor pertama yang bisa mempengaruhi kecepatan akses pada internet adalah modem. Kecepatan modem sendiri bervariasi, tapi yang paling banyak digunakan adalah yang berkecepatan 56 Kbps. semakin cepat kecepatan modem tersebut, maka semakin cepat pula kecepatan akses yang didapat.

2. Unit Komputer 
Komputer tentunya sangat berperan dalam cepat atau tidaknya akses internet yang didapat karena di dalamnya terdapat perangkat keras yang mempengaruhi. Di antaranya ada RAM, prosesor, dan harddisk yang berperan pada proses kerja komputer tersebut. Bila salah satunya saja memiliki kecepatan rendah maka kecepatan akses pada internet pun jadi ikut rendah.

3. Besar Bandwidth
Bandwidth merupakan luas cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth biasanya diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP, maka kecepatan akses internet pun jadi semakin cepat.
4. Jaringan Komunikasi yang Digunakan
Dalam mengakses internet, terdapat beberapa layanan yang tersedia, antara lain satelit, GPRS, CDMA, dan line telephone. Masing-masing layanan tersebut menawarkan kecepatan yang beragam dengan kecepatan yang terendah adalah menggunakan line telephone.
Cara Mengukur Kecepatan Akses Internet dengan Akurat
Dapatkah kita mengukur kecepatan akses internet yang kita miliki? Semua bisa dilakukan, namun ada hal-hal yang perlu kita perhatikan supaya pengukurannya bisa lebih akurat:
  1. Pastikan terlebih dulu komputer bersih dari gangguan spam, spyware, dan virus.
  2. Jika komputer berada dalam suatu jaringan dan semua komputer terhubung dengan internet, sebaiknya komputer lain tidak sedang dalam proses mengunduh atau mengunggah. Lebih baik lagi jika matikan semua komputer selain server.
  3. Jika langkah kedua tadi sulit untuk dilakukan, ada baiknya jika Anda melakukan koneksi internet pada PC router atau server saja. Caranya adalah dengan menonaktifkan jaringan lokal.

Setelah melakukan ketiga hal di atas, kini kita bisa mencoba untuk mengukur kecepatan akses internet yang digunakan. Caranya adalah membuka web CJY-Net. Website ini memungkinkan untuk mengukur kecepatan koneksi menggunakan web browser, baik untuk akses via ADSL, Astinet, modem, cable modem, dan lainnya. Pengukuran dengan website, relatif lebih akurat karena memakai jaringan internal. Hasilnya akan menunjukkan jika Anda menggunakan modem 56 Kbps dan saluran telepon cukup bagus, maka kecepatan koneksi yang Anda miliki seharusnya >40 Kbps. Jika kecepatannya jauh di bawah nilai tersebut, maka mungkin driver modem yang digunakan tidak cocok.
Itulah informasi seputar kecepatan akses internet.Selamat mencoba, semoga artikel ini bisa membantu kalian yang ingin mengetahui lebih jauh seputar dunia internet.
Sumber:https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/apa_sih_kecepatan_akses_internet_itu-584

0 comments: