WElcome To My Blog

ciri teks persuasi

Paragraf Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya

Mungkin sebagian dari kita tidak mengerti atau belum pahan dengan yang namanya paragraf persuasif, sehingga akan muncul sebuah pertanyaan yakni Apakah yang di maksud dengan paragraf persuasif? maka dari itu agar pembaca dapat memahami lebih dalam, pada artikel ini akan mengulas mengenai pengertian Persuasif, ciri-ciri Persuasif, jenis Persuasif, teks persuasi bentuk tulisan, contoh teks persuasif, unsur kebahasaan teks persuasi dan dasar pembuatan paragraf persuasi.
Paragraf Persuasif banyak juga menyebutnya dengan Persuasi yakni suatu paragraf yang isinya mengajak atau berusaha merebut perhatian atau yang isinya mempunyai unsur ajakan bagi si pembaca untuk melakukan hal tertentu. sedangkan untuk jenis dari Paragraf Persuasif sendiri umumnya di sajikan semenarik mungkin, dan juga biasanya isinya meyakinkan berupa pengalaman dengan mengisaratkan suatu hal yang sangat penting. Biasanya Paragraf persuasi digunakan sebagai sarana beberapa lembaga kesehatan, pemerintahan dan badan usaha tertentu sebagai paragraf propaganda.

Pengertian Paragraf Persuasif dan Contohnya

Paragraf persuasif dapat di artikan sebagai paragraf yang mempunyai tujuan untuk meyakinkan atau mengajak si pembaca dengan maksud tertentu, yang mana hal ini di lakukan agar bisa melaksanakan serta menerima gagasan penulis dari suatu pendapat dan pandangan tertentu.

Ciri-ciri Paragraf Persuasif

  1. Isinya mengandung fakta dan bukti sebagai faktor yang kuat dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk ajakan/bujukan.
  2. Tulisan memiliki tujuan untuk mendorong atau mempengaruhi pada suatu hal
  3. sedangkan untuk bahasa yang di gunakan dibuat provokatif, menarik, dan antusias. Hal ini di lakukan agar si pembaca dapat lebih yakin
  4. Membuat si pembaca dapat lebih percaya dengan penjelasan yang menarik
  5. Berupaya dapat menimbulkan suatu kesepakatan atau penyesuaian lewat kepercayaan penulis dengan pembaca
  6. Berupaya dapat menghindari konflik, yang mana hal ini di lakukan agar pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan
  7. Memperlihatkan berbagai fakta serta data sebagai penguat argumentasi atau dalil.
Sumber:https://www.ruangguru.co.id/paragraf-persuasif-pengertian-jenis-ciri-dan-contohnya/

0 comments: